Penjelasan: Tuhan itu adil, dihadiratNya semua manusia diberikan peluang dan kesempatan yang sama untuk mencapai cita-citanya. Sebagai bangsa yang besar, bangsa Indonesia sudah dikenal diseluruh dunia sebagai bangsa yang ramah, cerdas dan hebat. Sebagai bangsa yang hebat, bangsa Indonesia diberikan tanah air dan kekayaan yang luar biasa limpahnya dengan susu dan madu. Bahkan, semua bangsa setuju untuk mengatakan, bahwa Indonesia adalah surga yang ada di bumi. Bagaimana pendapat anda mengenai apa yang saya katakan diatas? Apakah anda setuju jika saya mengatakan bahwa kita merupakan bangsa yang sangat beruntung karena diberikan anugerah kekayaan yang sangat melimpah baik di darat, laut dan udara? Jawabnya: Iya, saya setuju!

Sebagai bagian dari sebuah bangsa yang besar, seharusnya setiap orang yang mengaku bangsa Indonesia, seharusnya memiliki kebanggaan dan rasa nasionalisme yang tinggi. “Indonesia adalah surga yang ada dibumi, dan bangsa Indonesia adalah tuannya”. Apakah anda setuju jika saya mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah tuan atas negara Indonesia? Jawabnya: Tidak, saya tidak setuju!

Mengapa saya tidak setuju? Apakah itu artinya bangsa Indonesia belum menjadi Tuan di negara sendiri? Benar! Kita bangsa Indonesia belum menjadi tuan di negara sendiri. Khususnya dibidang ekonomi, kita, bangsa Indonesia belum menjadi tuan di negaranya sendiri. Kita masih hidup di dalam “penjajahan” ekonomi. Banyak perusahaan besar yang menguasai perekonomian Indonesia bukan milik bangsa Indonesia sendiri, bahkan, lebih celaka lagi, satu persatu aset Indonesia lepas dikuasai oleh asing. Berbicara sampai disini, saya ingin menangis.

Kemudian, apa yang seharusnya kita lakukan sekarang?
Kita harus bangkit, bekerja keras untuk mengambil kembali yang seharusnya kita (bangsa Indonesia) miliki. Sebagai bangsa yang dikenal sangat cerdas, kita memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tuan di negara sendiri. jika demikian, apa yang harus kita lakukan sekarang? Kita harus melakukan sesuatu, antara lain: Mengubah paradigma yang salah tentang bisnis, menata ulang sistem yang kita miliki , dan memperbaiki kinerja yang salah.

Semua orang bisa sukses, jika mereka diberitahu caranya!”, itulah kata kunci yang paling utama dari kesuksesan. Paradigma, sistem, dan kinerja yang salah bukan saja menciptakan kegagalan, tetapi juga mengakibatkan kerusakan secara permanen dari generasi kegenerasi. Itulah penyebab utama mengapa kita tidak bisa menjadi tuan di negara sendiri. Kita ingin berbisnis, tetapi tidak memiliki mental seorang pebisnis, tidak memiliki ilmu bisnis, serta tidak dilengkapi dengan sarana yang dibutuhkan.

Mari kita berjaya dinegara sendiri sebelum kira berjaya dinegara orang. Mari kita berjuang bersama untuk merebut kembali semua yang sudah hilang dan mempertahankan semua yang masih tersisa. Kita belum terlambat untuk menjadi tuan dinegara sendiri.