BUSINESS CONSULTANT

Didalam bahasa China, kata bisnis (business) diartikan dengan: Sheng Yi (生意) yang artinya: Menghidupkan. Saya sangat setuju, bahwa bisnis memang seharusnya bersifat hidup, bukannya membawa kematian. Saat ini, ditengah gencarnya kemajuan teknologi, ditambah dengan adanya pasar bebas dunia, bisnis apapun menjadi rentan antara hidup dan mati. Persaingan bisnis bukan lagi diartikan sebagai sebuah “permainan”, melainkan telah diartikan sebagai sebuah “peperangan”. Hukum bisnis modern hanya memberikan satu pilihan kepada kita: “Hidup atau Mati”. Jika ingin bisnis kita hidup, maka kita harus bersaing sedemikian rupa agar tidak “dimatikan” oleh para pesaing kita.  Namun demikian, saya masih memiliki perasaan sedikit lega. Setidaknya, di Indonesia, kita masih memiliki sebuah kesempatan untuk masuk kedalam suatu kondisi yang dinamakan: “Hidup tidak matipun tidak”.

Apakah bisnis anda sudah masuk dalam kondisi yang dinamakan: “Hidup tidak matipun tidak”? Jika bisnis yang anda miliki sudah masuk dalam kondisi yang demikian, tindakan seperti apakah yang akan anda lakukan agar bisnis anda kembali hidup? Tidak mungkin bisnis anda akan “hidup” dengan sendirinya bilamana anda tidak mengambil sebuah tindakan yang tepat.

 Membangun sebuah bisnis bukan perkara yang mudah, dan mempertahankan agar bisnis yang kita bangun terus berkembang jauh lebih tidak mudah. Banyak bisnis dibangun dengan kesuksesan yang singkat, tetapi hanya sedikit bisnis yang besar dan langgeng, mengapa? Sedikitnya ada 5 alasan mengapa kebanyakan pebisnis kesulitan menjaga ritme kesuksesan jangka panjang:

  1. Trend dunia bisnis selalu berubah mengikuti perkembangan teknologi dan budaya, sementara kebanyakan pebisnis bersifat konservatif.
  2. Daur hidup (siklus) sebuah produk industri semakin pendek, dan kompetitor semakin banyak.
  3. Teknologi informasi telah mengakibatkan “segalanya” menjadi serba transparan, dan serba terbuka, sehingga mengakibatkan dunia industri tidak lagi ada rahasia yang dapat diandalkan.
  4. Pendidikan dan pengetahuan bisnis setiap orang hampir bisa dibilang: “sudah sejajar”, implikasinya: Apapun produk yang kita buat sangat mudah mati, jika tidak mati karena “kebanjiran” produk sejenis, pada akhirnya akan mati juga akibat lahirnya produk sejenis dengan nilai tambah.
  5. Pasar bebas dunia memberikan peluang kepada kita, sebaliknya juga bisa diartikan sebagai bencana bagi kita.

Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah)

Sebagai seorang praktisi, konsultan dan pembina UKM, saya melihat sebuah lingkaran setan yang sama, yang disadari atau tidak, telah membelenggu hampir kebanyakan pelaku UKM di Indonesia, sehingga mereka kesulitan untuk mengembangkan usahanya. Berdasarkan pengamatan saya, ada 6 hal yang menyebabkan UKM di Indonesia sulit berkembang:

  1. Kebanyakan pelaku UKM di Indonesia tidak memiliki mental bisnis, tidak memiliki etos bisnis, dan tidak memiliki wawasan bisnis.
  2. Kebanyakan pelaku UKM di Indonesia tidak memiliki Ilmu bisnis, dan kalaupun mereka belajar, kebanyakan dari mereka belajar kepada guru yang salah.
  3. Kebanyakan pelaku UKM di Indonesia tidak memiliki konsultan bisnis. Bisakah anda membayangkan apa jadinya orang yang tidak memiliki mental bisnis, tidak memiliki ilmu bisnis, dan tidak memiliki konsultan bisnis, tetapi kemudian berani melakukan bisnis? Jika mereka mengalami kegagalan ( bisnis mereka: Hidup tidak matipun tidak), saya rasa setanpun tidak akan heran.
  4. Kebanyakan pelaku UKM di Indonesia tidak terbiasa bekerja dengan sistem dan jaringan, sebab itulah mereka tidak memiliki sistem dan jaringan. Mereka berpikir, bahwa mengelola usaha kecil tidak perlu menggunakan sistem dan jaringan.
  5. Kebanyakan pelaku UKM di Indonesia hanya bisa memproduksi tetapi tidak mampu memasarkan. Ini begitu kontras, bagaimana mungkin mereka tidak memiliki pasar, sementara pasar bebas dunia demikian besar? Mereka bukan tidak memiliki pasar, melainkan tidak memiliki kemampun untuk memasarkan.
  6. Kebanyakan pelaku UKM di Indonesia tidak memiliki “modal” sekalipun mereka memiliki uang. Mereka tidak mengerti, bahwa modal bisnis yang sesungguhnya bukan melulu berupa uang.

Apakah anda setuju dengan semua yang saya paparkan diatas? Jika anda hanya menerima pengertian sebatas pengetahuan, maka anda tidak akan pernah dapat mencapai kesuksesan. Sebuah pengertian tidak akan menghasilkan apapun tanpa adanya tindakan untuk mengubah diri. Anda harus berani mengubah diri, harus berani belajar, harus berani membuang paradigma yang lama, harus berani menggunakan teknologi, dan harus berani mengakui bahwa selama ini anda salah.

 Anda ingin sukses? Ikuti ulasan saya hingga akhir…

Revolusi UKM Indonesia

Usaha Kecil Milyaran, itulah target yang saya berikan untuk UKM binaan saya. Apa yang saya katakan mungkin terdengar sedikit arogan, tetapi bukan maksud saya untuk berkat sombong.

 Cobalah anda hitung:
Berapakah keuntungan yang anda peroleh bilamana omset anda hanya 4 juta / bulan?

 Mengapa harus milyaran? Bagaimana kita dapat mencapainya? Diatas telah saya katakan, bahwa membangun usaha besar dan langgeng bukanlah hal yang mudah, bukan? Tetapi bukan berarti tidak mungkin! Untuk mencapai target omset 1,2 Milyar/tahun masih relatif mudah (equivalen dengan 100 juta/bulan). Masalahnya, dengan segala kemampuan yang anda miliki saat ini, apakah anda mampu merealisasikannya? Ada sebuah kata: “Tidak semua orang bisa berbisnis, dan tidak sebua bisnis bisa menjadi besar”. Jika anda termasuk kualivikasi orang yang tidak bisa berbisnis, maka anda harus belajar lagi dan mencari konsultan yang dapat membantu anda dalam setiap keputusan yang akan anda buat. Jika produk yang anda buat tidak memungkinkan bisnis anda menjadi besar, maka anda harus berani mengambil langkah ekstrim membangun usaha yang lain. Bisnis harus fleksibel, dinamis dan selalu mengikuti kebutuhan dan perkembangan jaman.

Saat ini, PT. Immortal bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur, dengan beberapa Kabupten Kota,  Dengan bank UMKM Jawa Timur, bersama-sama saling mendukung menciptakan sebanyak mungkin UKM (Usaha Kecil Milyaran) di Jawa Timur. Bagi anda yang ingin maju, baik perorangan, perusahaan / institusi / komunitas, atau pemerintahan dimanapun berada, kami siap berbagi tugas dengan anda.

 IMMORTAL TELAH MEMPERSIAPKAN 7 PROGRAM TERPADU

  •  KONSEP & STRATEGI BISNIS
  • PELATIHAN & PENDAMPINGAN
  • SISTEM & JARINGAN
  • PROMOSI & PEMASARAN
  • PENGADAAN BAHAN BAKU & MESIN
  • PENELITIAN & PENGEMBANGAN PRODUK
  • PINJAMAN & HIBAH MODAL

Bagi anda yang tertarik, silahkan jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami:

Mr. Yonathan Immortal  (Telp: 0811-308-207)

Mrs. Milcha Hastuti (Telp: 081-2322-8787)